Rabu, 07 Maret 2018

Destinasi Wisata Baru Waduk Bajulmati di Banyuwangi Jawa Timur

Area kabupaten Banyuwangi ada paling timur dari pulau Jawa, jadi langsung bersebelahan dengan selat Bali yang sebagai penghubung antara pulau Jawa dengan pulau Bali. Semestinya hal semacam tersebut sebagai kelebihan dipunyai oleh kabupaten Banyuwangi dalam bidang pariwisata alam ataupun pariwisata buatan. Seperti dengan wisata waduk Bajulmati di Banyuwangi Jawa Timur yang sebagai lokasi wisata bendungan serta waduk menjadi tempat rekreasi unik dikarenakan panorama nya identik dengan wisata popular Wayag di Raja Ampat Papua.



Waduk Bajulmati Banyuwangi sebetulnya sebagai satu di antara enam project dari kementrian pekerja umum serta perumahan warga. Menurut data dari web site datawisata.com bahwa waduk waduk ini sudah didirikan pada tahun 2006 dengan menggunakan ongkos sebesar Rp. 422 milyar, tapi baru dapat difungsikan pada tahun 2015.

Sumber air dari waduk di Banyuwangi ini mengfungsikan sumber mata air dari sungai Bajulmati yang ada di hulu dari gunung Ijen. Bahkan juga menurut pengelola waduk, buat isikan waduk dengan air perlu waktu nyaris 4 bln. lamanya.

Tidak cuma untuk lokasi wisata unik akan alamnya, tapi waduk Bajulmati difungsikan buat mengaliri sekitar 18. 000 kk, pelabuhan serta menjadi pembangkit tenaga listrik memanfaatkan mikrohidro. Kehadiran wisata ini sangat tenar di penduduk setempat serta sekitar, dikarenakan pemandangan alam yang dihidangkan saat instagramable jadi sesuai diperlukan menjadi area poto serta berselfie ria.

Dikarenakan menjadi area tujuan wisata menarik, maka pemerintah daerah bangun sarana buat akomodasi kegiatan wisata para pengunjung salah satunya seperti area parkir luas, tempat peristirahatan juga lebih dari satu wahana menarik pun sudah di sediakan. Wahana Bajulmati seperti ruang pemancingan, wahana permainan ATV, area rekreasi speed boat serta outbound. Buat nikmati keindahan pemandangan alam, di sana juga terdapat banyak warung makan serta cafe dengan menghidangkan menu khas Banyuwangi.

Lokasi waduk Bajulmati di Banyuwangi ada di Watukebo, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur kode pos 68453. Supaya dapat sampai ke area wisata, kalau anda ada di kota Banyuwangi, maka perlu jarak sekitar 41 kilometer dengan waktu tempuh satu jam. Sedang buat tiket wisata gratis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar